2 Langkah Mudah Mengganti Jasa Kirim di Shopee untuk Seller -
Apakah Anda sebagai penjual di Shopee sedang bingung mencari
informasi bagaimana cara merubah atau mengganti kurir atau jasa pengiriman
di aplikasi Shopee? Melalui artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya
yang kebetulan menemui masalah yang sama yang terjadi dengan Anda sekarang ini.
{getToc} $title={Table of Contents}
Untuk mengganti kurir di Shopee memang tidak bisa secara langsung dilakaukan melalui aplikasi seperti merubah jasa kirim di Tokopedia. Di Aplikasi Tokopedia, memang terdapat menu untuk merubah jasa kirim apabila pesanan tersebut bukan merupakan produk pre-order. Tapi lain halnya dengan Shopee, kita tidak akan menemukan menu untuk mengganti opsi pilihan kurir untuk pesanan yang sudah masuk order dan harus merubahnya secara manual. Lalu bagaimana cara saya merubah jasa kirim di Shopee? Ikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Merubah Jasa Kirim secara Manual dengan Menghubungi Live Agent Shopee
Customer Service Shopee atau Live Agent Shopee adalah orang
yang selau ada untuk membantu kita yang menemui masalah dalam menggunakan
platform Shopee, jadi jangan sekali-kali ragu untuk menghubungi mereka. Mereka
ada untuk membantu pembeli maupun penjual yang mengalami kesulitan menggunakan
platform shopee.
Anda bisa menghubungi dengan cara ke menu “Saya” kemudian
pilih “Chat Dengan Shopee”. Setelah itu ketikkan apa saja permasalahan yang
ingin Anda sampaikan sampai menemukan menu “Chat with Live Agent”. Setelah
terhubung dengan Live Agent, sampaikan keluhan Anda yang ingin mengganti jasa
pengiriman dan beritahukan alasannya. Setalah keluhan disampaikan, Agent akan
Laporan kamu untuk ditindak lanjuti lebih lanjut. Pastikan untuk memberikan
alamat email yang bisa dihubungi untuk proses selanjutnya.
Pastikan untuk selalu mengecek notifikasi Shopee dan email masuk terkait dengan laporan kamu. Apabila laporan kamu bisa ditindaklanjuti, kamu akan diperbolehkan untuk mengirimkan pesanan secara manual dengan mengganti jasa kirim lain.
Screenshot dengan Live Agent |
2. Melakukan Pengiriman Pesanan secara Manual dengan Mengganti Jasa Kirim Lain
Untuk Kasus yang Saya alami, Saya terpaksa mengganti kurir
Shopee karena resi paket tersebut tidak bisa di input. Kronologinya, paket saya
tersebut dibatalkan pickup dan statusnya tidak bisa di input. Kebetulan pesanan
tersebut menggunakan jasa kirim Anteraja. Di tempat Saya, Kurir Anteraja memang
yang paling rajin untuk soalan pick up. Tetapi posisi saya belum selesai
menyiapkan pesanan. Dan di Aplikasi Shopee, proses permintaan pickup hanya ada
2 hari, sedangkan untuk masa pengiriman sendiri, masih ada waktu 4 hari karena
sehubungan dengan hari raya Idhul Adha. Alhasil terpaksalah saya harus
mengirimkan pesanan dengan mengganti jasa kirim lain.
Lanjut ke topik tadi. Setelah mendapatkan balasan atas
pelaporan sebelumnya, Kamu bisa mengirimkan pesanan yang ingin dirubah jasa
kirimnya dengan cara mengirimkan pesanan secara manual. Lakukan prosesnya dan
kirimkan foto bukti fisik resi asli pada balasan selanjutnya. Jika kasusnya
sama seperti Saya, yaitu karena resi paket tidak bisa di input, maka bisa untuk
klaim ongkos kirim pesanan secara manual.
Untuk klaim ongkos kirim di sini bisa diklaim maksimal
sesuai dengan nominal ongkos kirim yang terendah. Maksudnya, jika harga ongkos
kirim paket sebelumnya adalah Rp. 18000 sedangkan ongkos kirim paket yang
manual Rp. 22000, maka ongkos kirim yang bisa diklaim adalah Rp. 18000.
Simpulan
Untuk mengatasi resi paket tidak bisa di input di Shopee
untuk penjual bisa dengan mengganti jasa kirim di Shopee. Mengganti jasa kirim
di Shopee bisa dilakukan dengan cara menghubungi Live Agent Shopee terlebih
dahulu lalu mengirimkan pesanan secara manual dengan pilihan jasa kirim lain.
Attention: Before you decide to do something after reading this article, make sure you read the Disclaimers of this blog first.